Cara menginstal Wordpress dan Dolphin Pada Linux

Nama                                          : I Made Gede Sunia Pradnyantara
NIM                                             : 1705552007
Jurusan/Fakultas/Universitas     : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah                                : Aplikasi Sosial Media
Dosen                                         : I Putu Agus Eka Pratama, ST.,MT.



Hasil gambar untuk wordpress



WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (databaseMySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNNReutersThe New York TimesTechCrunch, dan lainnya.


sebelum melanjutkan ke langkah penginstalan pastikan di linux kalian sudah terinstal aplikasi xampp sebelumnya, jika kalian belum menginstal xampp di linux, kalian bisa membuka artikel sebelumnya di blog ini atau bisa mengklik ini http://kadeksunia.blogspot.co.id/2017/11/etika-komputer-dan-etika-internet-pada.html.
Berikut ini langkah-langkah untuk menginstal wordpress di linux.


  • Download file wordpress di website nya yang berjenis .zip
  • Setelah selesai mendownload file nya, pindahkan file ke folder home linux
  • Lalu membuka terminal linux
  • Ketikkan kode perintah berikut sudo su, setelah itu anda akan diminta untuk mengetikkan password anda. Setelah itu ketikkan kode perintah ls untuk melihat file wordpress anda apakah sudah ada di folder home.
  • ketikkan kode perintah sudo cp wordpress-4.9.zip /opt/lamp/htdocs lalu ditekan enter, ketikkan kode perintah selanjutnya cd /opt/lamp/htdocs lalu di enter, lalu ketikkan lagi kode perintah ls –la wordpress-4.9.zip.

Setelah anda mengikuti semua cara diatas dengan benar maka tampilan terminal nya akan sama dengan gambar dibawah ini




  • Setelah itu masukkan kode perintah unzip wordpress-4.9.zip lalu setelah itu tunggu beberapa detik untuk mengunzip file wordpress tersebut




  • Setelah mengunzip file wordpress tersebut, buka localhost kalian di linux lalu buat database baru




Setelah membuatkan database yang baru, setelah itu ketik 127.0.0.1/wordpress/wp-admin di address internet linux kalian




  • Maka akan muncul seperti gambar diatas, lalu klik let’s go untuk memulai mengisikan username password dan segala macam biodata untuk akun wordpress anda. 


Cara Menginstal Dolphin Pada Linux
Hasil gambar untuk dolphin pro

Dolphin Pro adalah platform software situs jejaring sosial yang ditulis di PHP , menggunakan database MySQL . Berlisensi di bawah Lisensi CC-BY . Dikembangkan dan didistribusikan oleh perusahaan perangkat lunak Australia Boonex Pty Ltd. Berikut ini langkah-langkah untuk menginstal Dolphin di linux.

  • Download file Dolphin di website resminya
  • Setelah selesai mendownload file nya, pindahkan file ke folder home linux
  • Lalu membuka terminal linux
  • Ketikkan kode perintah ls untuk melihat file dolphin anda apakah sudah ada di folder home. setelah itu ketikkan kode perintah sudo cp Dolphin -v-7.3.4.zip /opt/lampp/htdocs/ setelah itu tekan enter. lalu anda akan dimintai password linux anda

  • ketik perintah sudo su untuk menjadi super user, dan tekan entar. Setelah itu ketikkan perintah pwd lalu tekan enter, selanjutnya ketikkan perintah cd /opt/lampp/htdocs/ lalu tekan enter.


  • lalu langkah berikutnya tinggal ketikkan kode perintah unzip Dolphin -v-7.3.4.zip lalu tekan enter

  • Terakhir ketikkan kode perintah chmod 777 -R Dolphin -v-7.3.4.zip lalu tekan enter, dan ketikkan perintah satu lagi cd Dolphin -v-7.3.4.zip  dan tekan enter

Daftar Pustaka
Materi Praktikal Dolphin dan Wordpress
Pertemuan ke sebelas oleh Bapak I Putu Agus Eka Pratama, ST.,MT.





Komentar

  1. Happy Good Night para member setia AGENS128, oke gengs kali ini kami akan memberikan kepada kalian semua promo menarik yaitu BONUS CASHBACK MINGGUAN UP TO 10% , jadi untuk kalian yang mau mendapatkan bonus cashback mingguan terbesar kalian bisa bermain di agen kami dan dapatkan bonus besar hanya untuk kalian semua, dan jangan lupa untuk mengajak teman kalian bermain bersama kami dan dapatkan juga bonus REFFERAL 5% + 2% langsung ke dalam id kalian .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Social Media Landscape

Etika Komputer dan Internet pada Social Media Serta Cara Menginstal OS Linux

Data Warehouse